TNI AU Lanud RSA Natuna Dukung Pengangkutan Motor Pompa Air Minum Untuk IKN 

Kilasriau.com - Pangkalan TNI AU Lanud Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna mendukung misi pengangkutan motor pompa transmisi air minum untuk Ibu Kota Nusantara (IKN). Misi ini dilaksanakan menggunakan pesawat Hercules A-1340 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, dipiloti oleh Letkol Pnb Chandra Danang Jaya.

Misi strategis ini didasarkan pada surat telegram dari Panglima TNI nomor ST/375/2024 tentang "Pengangkutan Motor Pompa Transmisi Air Minum IKN dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Menuju Balikpapan", serta surat Menteri PUPR Nomor CK0504-MN/457 tertanggal 22 Mei 2024 mengenai peminjaman Hercules TNI AU.

Penerbangan dimulai dari Lanud Halim Perdanakusuma transit di  Lanud RSA, kemudian dilanjutkan ke Guangzhou dan Shandong, RRT, Sabtu (8/6/2024). Setelah misi selama tiga hari, pesawat kembali ke Lanud RSA pada Senin (10/6/2024). Besok akan melanjutkan perjalanan menuju Lanud Dhomber Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk mendistribusikan motor pompa air minum ke IKN.

Saat transit di Lanud RSA, para awak pesawat disambut oleh Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, S.Sos., M.M.S., M.Han, yang diwakili oleh Kadislog Lanud RSA Letkol Kal Fatkur Arifin, A.Md, didampingi oleh Kadisops Mayor Nav Nanang Afandik, serta Kadispers Mayor Adm A. Wahyudi, A.Md. Penyambutan berlangsung di Graha Serasan Lanud RSA Natuna.

Sebelum berangkat dan kembali dari RRT, para awak pesawat menjalani prosedur clearance out keimigrasian oleh pihak imigrasi Natuna dan pengecekan dari personel Pos Bantu Bea Cukai Ranai. Sebanyak 6 koli barang dengan berat total 12.820 kg mendarat dengan selamat di Lanud RSA tepat pada pukul 17.20 WIB.

Misi ini merupakan bagian dari komitmen TNI AU dalam mendukung pembangunan nasional di IKN. Dukungan penuh dari Lanud RSA mencerminkan kesiapan dan kemampuan TNI AU dalam menjalankan tugas-tugas penting demi kepentingan negara dan bangsa.






Tulis Komentar